TAKLUKKAN SK TELECOM T1 1-2, DAMWON GAMING LOLOS KE SEMIFINAL KESPA CUP 2018

DAMWON Gaming menjadi salah satu tim yang paling diantisipasi di LCK. Sepak terjang mereka di Challenger Korea musim ini dan keberhasilan lolos ke LCK 2019 usai memenangkan LCK Spring Promotion 2019 membuat DAMWON Gaming disebut-sebut akan membuat gebrakan yang sama seperti yang dilakukan oleh Griffin pada Summer 2018 lalu.

DAMWON Gaming mampu menunjukkan gaya bermain yang sama seperti Griffin yang berani mengambil risiko dan bermain dengan agresif. Meskipun permainannya tidak serapi Griffin, namun mereka mampu menunjukkan level permainan yang setara. Tak heran kalau banyak yang menjuluki DAMWON Gaming sebagai “Second Coming of Griffin”.

Kehadiran beberapa pemain yang disebut-sebut sebagai pemain generasi baru LCK, seperti Nuguri dan ShowMaker serta kehadiran pelatih kelas dunia Kim Jeong-Soo yang pernah melatih tim besar seperti Samsung Galaxy (2016) dan Invictus Gaming (2018) juga membuat DAMWON Gaming sebagai tim yang patut diperhitungkan.

Dari situlah, ekspektasi yang tinggi muncul ketika DAMWON Gaming berpartisipasi di KeSPA Cup 2018. Sejauh ini, DAMWON Gaming mampu tampil sesuai harapan dengan memenangkan dua laga di babak pertama untuk lolos ke babak kedua. Pada awalnya permainan tim memang masih terlihat kurang rapi, namun mereka terus menunjukan perkembangan dan tampil dengan gaya bermain khasnya.

However, ujian berat datang ketika DAMWON Gaming harus berhadapan dengan Super Team yang baru saja terbentuk pada Off-Season ini, yakni SK Telecom T1.

SK Telecom T1 datang ke KeSPA Cup 2018 dengan membawa roster yang berisikan pemain-pemain bintang. Sejak babak pertama, SK Telecom T1 sudah menunjukkan dominasinya dengan mengeliminasi lawan-lawannya dengan mudah. Mereka bahkan sempat mencetak clean game saat melawan bbq Olivers dimana SK Telecom T1 mencatatkan Zero Death, meruntuhkan semua Turret lawan tanpa kehilangan satupun Turret, dan merebut semua objektif yang ada.

Roster yang berisikan pemain bintang ditambah dengan sinergi tim yang sangat baik akan membuat SK Telecom T1 menjadi lawan yang amat tangguh bagi DAMWON Gaming. Namun DAMWON Gaming tidak menunjukkan rasa gentar sedikit pun dan mampu memberikan perlawanan yang tangguh.

Pada game pertama, SK Telecom T1 memang berhasil mendominasi dan menang dengan mudah. Keberhasilan mendapatkan comfort pick dan diimbangi dengan pressure yang tinggi membuat SK Telecom T1 sukses mengamankan game pertama dengan mudah. Meskipun kalah, DAMWON Gaming masih sanggup mengimbangi permainan SK Telecom T1 dan memberikan perlawanan sengit.

Pada game kedua, barulah DAMWON Gaming memberikan balasan. Pick yang memungkinkan DAMWON Gaming bermain lebih proaktif sejak early sangat membantu untuk segera mendapatkan keunggulan early. ShowMaker bahkan berhasil mencetak Solo Kill kepada Faker yang memainkan LeBlanc.

Tekanan DAMWON Gaming terus berlanjut hingga memasuki Mid Game. Keunggulan objektif berhasil memperpanjang keunggulan DAMWON Gaming. Nuguri juga berperan penting dalam mengubrak-abrik formasi SK Telecom T1 dan membantu DAMWON Gaming mengamankan game kedua .

Game ketiga berjalan cukup sengit sejak early. Kedua tim sama-sama memusatkan permainan early-nya di sekitar Midlane dan River, sehingga pertarungan cukup sering terjadi. Roaming agresif dari Mata sangat membantu SK Telecom T1 meng-counter early gank dan invade dari DAMWON Gaming. Saat memasuki Mid Game, giliran Faker yang memegang kunci kemenangan lewat kombo Shuffle miliknya.

DAMWON Gaming baru berhasil membalikkan keadaan usai memenangkan team fight di Baron Pit. Tumbangnya Faker dan Mata langsung dimanfaatkan oleh DAMWON Gaming untuk mengamankan Baron dan berbalik unggul. Kekalahan pada team fight tersebut juga berdampak pada mental pemain SK Telecom T1. Permainan tim menjadi lebih buruk dan koordinasi tim menjadi berantakan.

Keunggulan tersebut langsung dimanfaatkan oleh DAMWON Gaming untuk terus menekan SK Telecom T1 dan memenangkan game ketiga untuk lolos ke babak Semifinal KeSPA Cup 2018.

Pada pertandingan ini, kita bisa melihat bahwa DAMWON Gaming terus menunjukkan perkembangan sepanjang turnamen. Permainan mereka menjadi jauh lebih rapi dan hasilnya mereka bisa menaklukkan tim sekelas SK Telecom T1. Kemenangan ini juga membuktikan kualitas DAMWON Gaming sebagai “Second Coming of Griffin” dan menjadikan mereka tim yang patut dinantikan saat LCK Spring 2019 mendatang.

Di satu sisi, SK Telecom T1 juga bisa belajar banyak dari pertandingan ini mengingat mereka juga masih memiliki beberapa masalah seperti Champion Pool, P&B, dan koordinasi tim. SK Telecom T1 bisa menggunakan apa yang mereka dapat dari pertandingan ini sebagai persiapan untuk menghadapi LCK Spring 2019 mendatang.

DAMWON Gaming akan bertanding di babak Semifinal pada tanggal 29 Desember mendatang melawan Griffin yang sebelumnya berhasil menang dari Afreeca Freecs.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.