[REVIEW] Ragnarok M: Eternal Love

Hadir pada akhir 2018, Ragnarok M: Eternal Love memberikan sebuah pengalaman berbeda dalam bermain MMORPG mobile. Kehadiran Ragnarok M: Eternal Love seakan mendobrak standar baru untuk RPG mobile.

Banyak sekali hal baru yang coba ditawarkan Gravity dan Xindong selaku pengembang game yang satu ini. Mungkin di antara kamu udah ada yang mainin game ini. Memasuki tahap OBT pada 31 Oktober kemarin, Ragnarok M: Eternal Love udah ramai dimainkan oleh pemain dari berbagai penjuru Asia Tenggara, bahkan dunia.

Apa aja sih keseruan Ragnarok M: Eternal Love sehingga game ini patut di mainkan? Simak review dari kami berikut.

Animasi 3-D yang Menyegarkan

Grafik yang hadir di Ragnarok M: Eternal Love bisa dibilang sangat segar untuk ukuran game mobile. kamu bisa melihat detail elemen dalam game yang enggak akan ditemukan dalam game mobile lain. RPG mobile yang paling mendekati dengan gaya animasi Ragnarok M: Eternal Love adalah Dragon Nest. Namun, Dragon Nest enggak punya elemen mendetail yang dapat dinikmati, kayak animasi gerakan rumput sampai aliran air yang ada dalam Ragnarok M: Eternal Love.

Mengusung tema kartun 3-D memang menjadi pilihan yang baik. Di samping mengikuti tema grafik pada Ragnarok Online, tema kartun masih menjadi pilihan populer untuk game online mobile saat ini. Mengacu pada Ragnarok Online versi PC, Ragnarok M: Eternal Love juga menerapkan font angka damage yang mirip dengan Ragnarok Online. Cita rasa klasik dari Ragnarok Online ini sepertinya coba dipertahankan oleh Gravity dan Xindong.

Ragnarok M: Eternal Love telah memberikan kesan mendalam untuk game mobile. Sekilas, kami akan merasakan bermain sebuah game online di PC. Soalnya, grafik pada Ragnarok M: Eternal Love memang mirip seperti game online PC lain yang keluar di era 2000-an, seperti Seal Online atau Luna Online.

User Interface yang Menarik

Permasalahan utama dalam RPG mobile adalah penataan User Interface (UI). UI yang enggak disusun rapi dalam suatu game hanya akan mengganggu jalannya permainan dan pengalaman seorang gamer. Coba aja lihat game berjudul Lineage II: Revolution yang memiliki penataan UI yang terbilang berantakan. Pandangan kamu sebagai gamer beberapa kali harus terhalang oleh ikon-ikon yang ada di dalam game tersebut.

Lain hal dengan Ragnarok M: Eternal Love. Kamu akan diberikan gaya tampilan yang sangat rapi. Bisa dibilang, ini adalah sebuah prensentasi yang sangat baik. Slot skill vertikal dan gaya bermain tap (atau klik) membuat kamu memiliki banyak ruang bermain di dalam genggaman. Namun, harus diakui bahwa kolom quest pada Ragnarok M: Eternal Love masih memakan banyak ruang. Kolom percakapannya pun sangat kecil. Terlepas dari dua kekurangan tersebut, sajian visualnya udah sangat baik dan memanjakan mata.

Skill dan Status yang Sederhana

Bermain dengan skill dan status merupakan ciri khas RPG. Kamu harus membangun pilihan skill dan status yang sesuai dengan gaya bermain kamu. Dalam Ragnarok M: Eternal Love, mekanisme skill masih sama dengan Ragnarok Online versi PC. Kamu akan mendapatkan satu skill poin ketika job level meningkat. Poin skill tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan atau meningkatkan level skill yang ingin dimiliki.

Dalam hal mekanisme status, enggak banyak perubahan. STR masih digunakan untuk meningkatkan serangan fisik, AGI untuk meningkatkan hindaran dan kecepatan serangan, INT untuk meningkatkan serangan magis, VIT untuk meningkatkan health-point, dan LUK untuk meningkatkan kemungkinan kritikal yang keluar.

Satu hal yang berbeda dari mekanisme status pada Ragnarok M: Eternal Love adalah hilangnya status WIS. Status WIS biasanya digunakan untuk menambah jumlah mana-pool dan meningkatkan regenarasi mana. Pada Ragnarok M: Eternal Love, fungsi status WIS diambil alih oleh status INT. Jadi, INT enggak hanya digunakan untuk meningkatkan serangan magis, tapi juga untuk menambah mana-pool dan meningkatkan regenarasi mana.

Adanya Fitur Adventure Handbook

Adventure Handbook merupakan sebuah fitur baru yang ada di Ragnarok M: Eternal Love. Sekilas, Adventure Handbook merupakan ruang koleksi untuk sebuah karakter. kamu bisa mengoleksi monster yang telah dibunuh dan monster yang telah difoto. Kamu juga bisa mengoleksi foto karakter mu dengan landmark yang telah ditetapkan di dalam game. Serta, bisa juga mengoleksi NPC apa saja yang pernah lo ajak berinteraksi.

Kamu bisa memperoleh Eden Coin dan Experience Adventure dari kegiatan tersebut. Eden Coin dapat digunakan untuk memperoleh blue-print equipment yang dapat membantu dalam bertualang. Ada pula Experience Adventure untuk meningkatkan level Adventure Handbook. Semakin tinggi level Adventure Handbook yang dimiliki, semakin banyak pula atribut tambahan yang karaktermu dapatkan. Jadi, jangan lupa buat naikin level Adventure Handbookmu, ya!

Grinding Level dan Material dengan Auto-battle

Untuk meningkatkan level karakter, kamu bisa menjalankan quest atau membunuh monster (grinding). Grinding dalam Ragnarok M: Eternal Love enggak terlalu ribet. Soalnya, bisa melakukannya sambil AFP (away from phone) dengan fitur auto-battle. Jadi, kamu seakan diberi pengalaman bermain menggunakan bot.

Sayangnya, fitur auto-battle ini memiliki waktu yang terbatas. kamu hanya diberikan waktu 300 menit dalam sehari untuk auto-battle. Durasi ini akan terakumulasi bila masih memiliki waktu sisa pada hari sebelumnya. Total maksimal dari akumulasi waktu yang dapat dimiliki adalah 900 menit.

Enggak hanya grinding level, kamu juga dipaksa untuk grinding material yang digunakan untuk membuat suatu senjata. Grinding material ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu harus banyak bersabar untuk melakukannya. Kalau enggak bisa sabar, kamu bisa langsung beli material yang dibutuhin di Auction House dengan harga yang cukup mahal, loh. Yah, itu, sih, kembali ke pilihan diri sendiri.

Secara sekilas, dengan fitur auto-battle ini, gamer amat dimudahkan dalam bermain. Gamer yang memiliki tingkat kesibukan tinggi sekalipun masih bisa memainkan Ragnarok M: Eternal Love dengan sangat nyaman.

Dengan segala fitur dan mekanisme yang ada di dalamnya, Ragnarok M: Eternal Love memberikan sebuah pengalaman RPGyang berbeda. Dilihat dari jumlah pemainnya, game ini sedang menjadi pilihan populer di kalangan gamers mobile di server Asia Tenggara. Singkatnya, Ragnarok M: Eternal Love menjadi pilihan yang sangat baik saat ini. Apalagi buat kamu yang ingin merasakan sensasi RPG klasik yang masih mempertahankan ciri khas versi PC-nya yang sempat berjaya beberapa tahun silam.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.