Panduan Hero Arena of Valor: Ryoma Set Jungler

Sebelum terkena Nerf pada Patch bulan Juli kemarin, Ryoma adalah salah satu hero yang populer dan cukup ditakuti oleh para Challenger. Sayangnya, Meta saat ini seperti tidak mengizinkan Ryoma untuk tampil seperti dulu.

Sebagai Warrior, Ryoma adalah DS Laner yang hebat. Ia dapat dengan mudah menyicil musuh dengan Skill Set-nya dari jarak jauh tanpa membutuhkan Mana sama sekali. Ia juga memiliki Semi-Escape Tool untuk kabur dari bahaya. Urusan Scaling, Ryoma adalah salah satu hero Warrior yang dapat memberikan dan menerima cukup banyak damage.

Namun perlu diakui, memainkan Ryoma di DS Lane saat ini mungkin cukup sulit dengan timbulnya Meta agresif di mana  kalian akan cenderung berhadapan dengan Laner tangguh seperti Maloch, Cresht, Wonder Woman, dll. Oleh karena itu, hari ini kami akan memberikan Build alternatif untuk memainkan Ryoma sebagai Jungler.

Langsung saja kita simak Build-nya di bawah ini.

Item Build

Item Build Ryoma Jungler sebenarnya tidak berbeda jauh dari DS Laner. Satu-satunya perubahan paling utama adalah ditambahkannya Soulreaver sebagai Core Item pertama sebelum membeli Spear of Longinus/Rankbreaker dan Frost Cape.

  • Soulreaver: +80 Phys. Attack, +6% Lifesteal
    • Pasif Unik: +15% Cooldown Reduction
    • Hunter (Pasif Unik): Memberikan 30% damage tambahan terhadap Jungle Creep, dan 30% tambahan EXP jika membunuh Jungle Creep
    • Wild (Pasif): Membunuh Jungle Creep memberikan +3 Phys. Attack pada hero. Stack hingga 15 kali.
  • Gilded Greaves: +110 Magic Defense
    • Pasif Unik: +60 Movement Speed
    • Pasif: +35% Resistance
  • Spear of Longinus: +80 Phys. Attack, +15% Cooldown Reduction, +400% Max HP
    • Shatter (Pasif Unik): Mengurangi Phys. Defense target sebesar 50 per pukulan selama 5 detik. Stack 5 kali.
  • Frost Cape: +10% Cooldown Reduction, +200 Phys. Defense, +800 Max HP
    • Frost Power (Pasif Unik): Setelah menggunakan skill, Basic Attack selanjutnya akan mengurangi Movement Speed sebesar 30% dan memberikan tambahan 150 (+20 per level) Physical Damage pada area kecil. Cooldown 3 detik
  • Fenrir’s Tooth: +200 Phys. Attack
    • Pasif: Meningkatkan damage sebesar 30% saat HP target di bawah 50%
  • Muramasa: +75 Phys. Attack, +10% Cooldown Reduction
    • Pasif Unik: Armor Pierce +45%

Build ini menjadikan Ryoma sebagai Frontliner Tanky seperti Zephys, yang bertugas untuk masuk duluan ke dalam suatu pertempuran segera setelah Initiator memulainya.

Dengan Cooldown Reduction, Ryoma dapat terus melakukan Spam Skill dan mendapatkan Sustain dari Spectral Ire (skill 3). Frost Cape menambah satu lagi CC untuk Ryoma, membuat musuh mustahil kabur darinya. Kombinasi Fenrir’s Tooth dan Muramasa adalah Scaling item yang wajib untuk membuat Ryoma semakin ditakuti di Late Game.

Arcana

Merah : Onslaught x10 (+20 Attack Damage, +36 Phys. Defense Pierce)

Ungu : Assasinate x10 (+16 Attack Damage, +10% Movement Speed)

Hijau : Dragon’s Claw x10 (+9 Attack Damage, +64 Phys. Defense Pierce)

Arcana Set ini berfokus untuk meningkatkan Damage Output Ryoma dengan menambahkan hingga +100 Phys. Defense Pierce dan 45 Attack Damage. 10% Movement Speed sangat penting agar Ryoma mendapat tambahan mobilitas baik untuk menyelesaikan musuh dengan Naginatajutsu (Pasif) atau membantu kabur setelah menggunakan Pinwheel (skill 1).

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan:

  • Memainkan Ryoma sebagai Jungler meningkatkan peluang Snowball. Ia juga tidak membutuhkan Mana dan mendapat Sustain dari Ultimate-nya, sehingga dapat melakukan Ganking tanpa henti
  • Menjadi Jungler membuat Ryoma mendapat keunggulan Gold dan EXP. Di level 4, musuh yang Squishy bisa langsung mati terkena Combo Wailing Blade (2)>Naginatajutsu (Pasif)>Spectral Ire (3)
  • Berbeda dengan hero Assassin yang harus menunggu team fight dibuka untuk masuk, Ryoma dapat menjadi Semi-Initiator dan membuka team fight atau Gank untuk tim, menjadikannya aset berharga yang pantas diberikan Farm lebih sebagai Jungler
  • Kecepatan Ryoma dalam Clear Jungle Creep/Creep Wave sangat luar biasa. Skill Set-nya yang sangat Spammable juga membuatnya dapat Push dengan sangat mudah, apalagi jika mendapat keunggulan dari segi Gold dan Item

Kekurangan:

  • Menjadikan Ryoma sebagai Jungler berarti tim kalian akan kekurangan Burst Damage yang terkadang sangat dibutuhkan untuk membunuh Carry/Core hero lawan dalam sekejap
  • Meskipun tahan lama dan dapat memberikan damage, Ryoma masih tidak dapat Scaling sebaik Assassin. Pressure yang diberikannya akan melemah di Late Game
  • Skill Set Ryoma memang bisa efektif dalam team fight berkat jangkauannya yang jauh dan Piercing Damage yang dihasilkan. Namun, Ryoma akan kehilangan Sustain dari Spectral Ire (3) jika mengenai banyak musuh sekaligus.

Tips

  • Sejatinya, Ryoma memang hero yang sudah sangat mengerikan di Early-Mid Game, dengan menjadi Jungler, manfaatkan keuntungan Gold dan EXP untuk memberikan Pressure pada lawan. Jangan cuma Farming, ingat, Scaling kalian tidak sebaik Jungler musuh (Assassin/Archer)
  • Lakukan Gank, dan sesudah mendapatkan 1-2 kill, segara alihkan fokus kalian pada Objektif. Semakin cepat kalian mengamankan Tower dan Abyssal Dragon, semakin besar pula peluang kalian menang sebelum musuh jadi
  • Positioning adalah hal mutlak yang harus kalian kuasai ketika memakai Ryoma. Naginatajutsu (Pasif), Wailing Blade (2) memberikan Splash Damage, jadi usahakan untuk mengenai musuh pada jarak paling jauh.
  • Jika kalian hampir mati, arahkan Spectral Ire (3) agar hanya satu orang musuh saja yang terkena untuk mendapatkan Heal-nya
  • Wailing Blade (2) adalah skill kalian yang paling penting dalam team fight. Terus Spam skill ini dan gunakan Manual Cast agar tidak meleset. Hanya gunakan Pinwheel (1) ketika kalian harus kabur atau mengejar karena damage skill ini tidak seberapa dibandingkan DPS dari Basic Attack kalian.

Setelah membaca Guide di atas, perlu kalian ingat bahwa kekuatan dari Jungler Ryoma bukanlah Burst Damage yang luar biasa. Melainkan kemampuannya untuk bertahan lama dan terus memberikan damage serta CC dalam team fight. Skill Set Ryoma sangat efektif untuk memberikan damage pada lawan, baik yang sendirian maupun berkelompok, menjadikannya Ganker dan team fighter yang berbahaya.

Daripada menggunakan waktu untuk Farming atau Jungling, akan jauh lebih baik jika kalian fokus menculik musuh dan mengambil Objektif. Jangan berikan ruang bagi musuh memperpanjang tempo permainan, karena sejatinya Ryoma paling bersinar di menit 6-12.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.