Panduan Hero Arena of Valor: Lu Bu

Lu Bu adalah hero yang terbilang unik di Arena of Valor. Hampir seluruh Stats yang dimilikinya tergolong Balance, menjadikannya cukup kuat di seluruh fase permainan. Meski tidak sekuat Carry di Late Game, kehadiran Lu Bu dalam team fight tentu akan sangat membantu karena ia dapat menyumbangkan CC dan damage yang cukup besar untuk tim.

Namun, selama beberapa Patch belakangan ini, ia hampir tidak pernah dipilih sebagai DS Laner. Alasannya cukup sederhana, banyak DS Laner yang dapat berkontribusi dalam team fight dengan lebih cepat dan minim item seperti Skud. Scaling yang lebih baik seperti Airi, dan Skill Set yang dinilai lebih fleksibel seperti Omen.

Hero ini dinilai mengandung segudang kelemahan, dimulai dari kecepatan mengambil Objektifnya yang lambat, ketergantungannya akan item, hingga mudahnya Lu Bu di-Counter. Lifesteal dan Sustain hero ini cukup mudah ditangani dengan gabungan item Anti-Regen dan CC.

Dengan kelemahan-kelemahan tersebut, Lu Bu sempat terlupakan sepenuhnya baik dari Ranked tier atas maupun ranah kompetitif. Semua itu berubah setelah Patch sebelumnya yaitu patch 16, Buff yang didapatkan Lu Bu cukup besar untuk “menariknya” kembali menjadi Top Pick.

Conqueror, Ultimate dari Lu Bu yang semula memberikan Resistance sebesar 20% saja kini Scaling menjadi 30/40/50%. Hal ini otomatis membuatnya lebih sulit ditaklukkan dengan CC dan buas di team fight.

Tanpa perlu berlama-lama mari kita bahas selanjutnya yaitu panduan dalam menggunakan Lu Bu.

Skill Set

Martial Master (Pasif)

Cooldown Impale (2) berkurang 1 detik setiap Normal Attack atau Skill Lu Bu mengenai target

Red Stallion (skill 1)

Lu Bu menerjang ke depan, memberikan Physical Damage pada musuh di sepanjang jalur. Pergerakan Lu Bu akan langsung terhenti jika mengenai hero musuh. Skill ini dapat digunakan hingga 3 kali, di mana penggunaan ketiga akan memberikan efek Knock Up pada musuh,

Impale (skill 2)

Lu Bu melepaskan gelombang energi ke  arah target, menimbulkan Physical Damage dan memperlambat Movement Speed mereka sebesar 50% selama 2 detik.

Conqueror (skill 3)

Lu Bu mendapat tambahan Attack Damage dan Resistance. Setiap Hit dari Skill atau Normal Attack-nya akan memulihkan HP Lu Bu. Durasi 8 detik.

Item Build

Balance Build (Recommended)

Build palng fleksibel dari Lu Bu, yang dapat kalian gunakan pada hampir seluruh situasi. Mantle of Ra adalah item Core pertama yang wajib dengan penambahan Attack maupun Defense. Gilded Greaves dapat kalian ganti dengan Sonic Boots jika melawan banyak Burst Physical Attack seperti Violet. Rankbreaker berguna untuk memberikan Armor Pierce yang membuat pukulan Lu Bu semakin menyakitkan.

Selanjutnya, Frost Cape memberikan Slow yang semakin membantu tim Lu Bu dalam team fight sekaligus Defense tambahan. Fafnir ‘s Talon dan Muramasa adalah penyempurna damage dan Lifesteal. Jika kalian kekurangan Item Defense, Medallion of Troy, Mail of Pain, atau Blade of Eternity dapat menjadi alternatif 2 item terakhir.

Tank Build

Gunakan Build ini untuk fokus membangun Lu Bu menjadi Tank. Hanya beli item-item ini jika kalian kekurangan Tank, dan terdapat satu hero lain yang dapat mengisi DS Lane. Lu Bu yang di-Build seperti Tank lebih cocok ditempatkan di AD Lane.

Dengan item-item ini, damage yang dihasilkan Lu Bu tidak akan menyakitkan. Namun, ia akan mendapatkan Sustain yanag luar biasa dan menyerap banyak damage sementara timnya menyerang lawan. Conqueror (3) akan semakin membuatnya sulit untuk dibunuh. Memasuki fase Late Game, kalian dapat mengganti beberapa item defensif dengan item ofensif seperti Fafnir’s Talon jika tim kekurangan damage.

Full Damage Build

 

Berkebalikan dengan Build kedua, Build ini memaksimalkan potensi damage dari Lu Bbu. Kelemahannya, ia akan terasa Squishy dan sulit untuk bertahan dalam team fight. Hanya masuk ke dalam team fight bila kalian memiliki Ultimate jika menggunakan Build ini.

Fafnir’s Talon adalah Core yang harus cepat kalian dapatkan bila menggunakan Build ini karena Sustain utama Lu Bu datang dari Lifesteal. Omni Arms, Muramasa, dan Fenrir’s Tooth adalah Finishing yang tepat untuk menjadikan Lu Bu monster Late Game. Hanya gunakan Build ini jika musuh tidak memiliki banyak Burst+CC atau kalian menjadi Solo Carry.

Arcana

  • x10 Onslaught
  • x10 Assassinate
  • x10 Dragon’s Claw

Arcana yang digunakan Lu Bu bertujuan untuk memaksimalkan damage dan Armor Pierce-nya, sekaligus memberikan Movement Speed agar ia lebih lincah keluar dan masuk team fight.

Gameplay

  • Early Game. Fokus utama Lu Bu di awal permainan adalah memberikan Pressure. Spam skill kalian sesering mungkin dan jangan ragu untuk melakukan Damage Trading dengan musuh. Selain Manaless, Lu Bu juga akan mendapatkan Sustain yang baik setelah mencapai level 4. Manfaatkan Red Stallion untuk memberi efek Knock Up dan memenangkan Damage Trading. Paksa musuh kalian Recall ke Base dan segera fokus menyicil HP Tower sebagai Objektif pertama.
  • Mid Game. Setelah Tower musuh hancur, jangan langsung bernafsu melakukan Gank. Terus lakukan Farming, terutama jika hutan kalian ditinggalkan Jungler untuk Gank. Rebut Objektif musuh seperti Buff, Tower, atau sekadar Scout Bird untuk memaksimalkan perolehan Gold dan EXP kalian. Barulah setelah mendapatkan 2 item Core, mulai untuk membantu teman kalian di team fight. Jangan lupa untuk membantu teman kalian mengambil Objektif seperti Tower atau Abyssal Dragon setelah team fight.
  • Late Game. Memasuki Late Game, Lu Bu adalah pemberi Pressure yang kuat. Tapi jangan lupa, musuh kalian juga telah mendapatkan beberapa Item Core mereka, dan mungkin Anti-Regen untuk Counter kalian. Di sini, tugas kalian adalah memasuki team fight kedua setelah Tank/Initiator utama kalian. Aktifkan Conqueror (3) dan Dash 2x dengan Red Stallion (1) sebelum melompat masuk dan Knock Up musuh. Fokus melakukan Normal Attack sebanyak mungkin, dan hanya gunakan Impale (2) jika ada musuh yang mencoba kabur dari kalian. 

Prey & Counter

Lu Bu Sangat Kuat Melawan:

  • Archer yang tidak memiliki Escape Tool seperti Valhein, Yorn, Moren, Tel’Annas, Wisp.
  • Warrior yang tidak memiliki Burst Damage seperti Kil’Groth, Wonder Woman, Ryoma, dan Astrid
  • Mage yang tidak memiliki Hard CC seperti Lauriel, Tulen, Mganga, Natalya

Jika kalian melihat hero-hero di atas setelah mendapatkan 1-2 Item Core, jangan takut untuk menghabisi mereka dengan cepat. Aktifkan Conqueror untuk mempercepat eksekusi.

Hero Counter Lu Bu adalah:

  • Hero dengan Sustain tinggi dan dapat menghasilkan damage yang cukup besar seperti  Tank, Zephys, Arduin. Wiro
  • Hero yang memiliki Burst Damage (Violet, Liliana, Krixi)
  • Hero pemilik Hard CC berdurasi lama seperti Arum atau Omen yang telah membeli Anti-Regen
  • Hero yang mudah sekali kabur seperti Fennik, Airi, Nakroth, Kriknak, dan Murad

Berhati-hatilah jika kalian bertemu hero tersebut jika menggunakan Lu Bu.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.