Blizzard Umumkan Balance Patch Terbaru Hearthstone, Nerf Ramp, Level Up, dan Saronite

Belum sebulan sejak rilis ekspansi Rastakhan’s Rumble, Blizzard sudah mengumumkan balance patch untuk HearthstoneUpdate ini akan live pada tanggal 19 Desember, atau lebih tepatnya malam ini waktu Indonesia.

Semua isi update ini merupakan nerf terhadap kartu kunci di beberapa deck yang dianggap sangat kuat di meta-game Hearthstone saat ini.

1. Wild Growth (Dari 2 Mana ke 3 Mana)

2. Nourish (Dari 5 Mana ke 6 Mana)

Setelah sekian lama, Blizzard akhirnya menanggapi masalah yang dikenal dengan sebutan The Druid Problem. Saat ini, Druid memang punya banyak jenis deck yang kuat. Namun semuanya punya satu approach yang sama, yaitu ramp. Ini membuat semua deck Druid terkesan sama dan membosankan, baik digunakan atau dihadapi.

Dengan naiknya mana cost dari dua kartu ramp utama Druid, kekuatan beberapa deck akan menurun secara drastis. Mungkin dengan begini kita akan mulai melihat beberapa deck Druid agresif.

3. Level Up! (Dari 5 Mana ke 6 Mana)

Sejak ekspansi baru rilis, Odd Paladin langsung melejit jadi salah satu deck terbaik di Hearthstonesaat ini. Salah satu kartu yang menjadi kunci kekuatan deck ini tentunya adalah Level Up!

Dengan perubahan mana cost ini, Odd Paladin jelas tidak bisa lagi mengakses Level Up! sama sekali. Ini kemungkinan besar membuat deck tersebut jadi sangat lemah atau bahkan ditinggalkan.

Pertanyaannya, apakah Level Up! akan melahirkan deck Even Paladin yang baru?

4. Saronite Chain Gang (Battlecry Menjadi “Summon Another Saronite Chain Gang”)

Perubahan efek tersebut jelas tertuju pada Shudderwock dan deck Shudderwock Shaman. Sebelumnya Shudderwock bisa menjamin combo infinite berkat efek dari Saronite Chain Gang.

Perubahan ini jelas membuat combo infinite Shudderwock Shaman jadi sangat sulit digunakan. Ini bisa saja menggeser Shudderwork Shaman dari deck control menjadi deck midrange.

5. Leeching Poison (Dari 2 Mana ke 1 Mana, Hanya Memberikan Lifesteal di Satu Giliran)

Kingsbane Rogue juga jadi deck populer karena bisa bermain hingga Fatigue tapi tidak menelan Fatigue sama sekali. Itu karena umumnya saat sudah mencapai Fatigue, Kingsbane Rogue sudah memiliki senjata Kingsbane dengan damage yang sangat tinggi dan lifesteal.

Tanpa lifesteal permanen, Kingsbane Rogue jelas tidak bisa menelan Fatigue selama 10 giliran berturut-turut. Apakah ini akan membunuh Kingsbane Rogue? Mungkin saja, atau paling tidak rencana besar deck ini harus berubah total.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.